Mengecek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

Sebagai seorang pengajar di zaman sekarang sangat didukung dengan pesatnya teknologi. Dengan adanya Laptop dan internet, maka lebih cepat dalam pendataan siswa di suatu sekolah. Jika kita adalah seorang guru ataupun orangtua siswa dan ingin mengecek apakah siswa kita sudah terdaftar resmi adalah dengan mengecek NISN.

NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional, maka jika sudah mempunyainya siswa tersebut telah resmi sebagai siswa Indonesia. NISN mungkin seperti KTP bagi warga negara Indonesia. Bedanya jika KTP adalah untuk mereka yang berusia 17 tahun ke atas dan telah memenuhi persyaratan untuk tersebut.

 

Tujuan dan Manfaat NISN

  • Mengidentifikasi setiap siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah.

 

Bisa menghubungi via telpon maupun email sesuai di bawah ini jika menemui kesulitan.

Cara mengecek NISN sebenarnya cukup mudah. Pertama anda tinggal akses link berikut ini: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Setelah masuk pada alamat yang tertera, maka kurang lebih tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

Anda bisa memasukkan NISN siswa yang ingin di cek, sudah masukkah di data induk NISN. Setelah anda memasukkan nama, maka akan muncul data si siswa mulai dari: Nomor induk, Nama lengkap, jenis kelamin, tempat lahir, dan tanggal lahir juga seperti gambar di bawah ini.

Untuk mengecek Nomor Induk Siswa Nasional sebenarnya bisa juga dengan memasukkan data si siswa mulai dari, nama lengkap, tempat lahir dan tanggal lahirnya (kebalikkan dari cara pertama). Maka jika di klik, muncul data si siwa dengan lengkap jadi siswa tersebut memang telah valid di data induk siswa nasional.

Lantas bagaimana jika si siwa belum mempunyai NISN atau di cek namun tidak keluar datanya?. Jika siswa telah mendaftar untuk NISN namun data yang di cek tidak keluar, ada dua keungkinan. Pertama adalah data yang didaftarkan belum masuk di induk data siswa nasional. Yang kedua situs untuk mengecek NISN sedang error atau masalah lainnya mengenai web tersebut.

Jika siswa yang anda daftarkan belum mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1          Dianjurkan terlebih dahulu untuk mengeceknya di website di atas.

2          Jika siswa tidak ditemukan, anda bisa  mendownload (unduh) Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs di bawah ini.

http://nisn.data.kemdiknas.go.id

3          selanjutnya anda bisa mencetak formulir-formulir tersebut.

4          Mengisi formulir-formulir yang telah anda cetak secara manual.

5          Menyerahkan formulir yang telah diisi dengan lengkap kepada operator NISN/NPSN sekolah dimana siswa berasal.

6          Dan terakhir bagi pihak sekolah tersebut dapat mengirim formulir A.1. ke PDSP dengan melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id. Tunggu dan pantau proses tersebut.

 

itulah cara memngecek dan membuat NISN bagi siswa untuk anda sebagai pendidik atau wali siswa. Semoga artikel ini bisa membantu, terimakasih.

 

Sumber Selengkapnya: genesia.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *