Bingung Nyusun Makalah? Berikut adalah Cara Cepat Menulis Makalah yang Mudah!

Saat ini makalah sudah menjadi kewajiban yang lumrah dilihat di pelbagai sekolah mulai dari universitas, SMK, hingga SMP sudah menjadikan makalah bak komponen dari tugas sehari hari. Ini wajar kerana membuat makalah merupakan bentuk dari belajar untuk terbiasa menulis tulisan ilmiah. Makalah merupakan model basic dari suatu karya ilmiah. Meskipun cakupannya nggak seluas karya ilmiah sesungguhnya akan tetapi makalah telah mengkover kriteria pembuatan karya ilmiah.

Akan tetapi buat yang newbi mengetahuinya tentu merupakan hal yang tidak sederhana, di artikel ini kita akan sama-sama belajar terkait bermacam hal terkait menyusun makalah. Dengan mempelajari elemen-elemen utama dalam menyusun makalah maka akan melancarkan kamu hendak akan menyusun makalah. Tambah sering kamu menyusun maka kamu akan terbiasa melakukannya.

Berikut adalah beberapa cara cepat menyusun makalah:
1. Pastikan kamu sudah mempunyai tema yang hendak ditulis.
memilih tema ialah hal pertama yang utama perlu kamu kerjakan sebelum mengawali proses menulis makalah. Ini berhubungan dengan sesuatu yang hendak kamu tulis. Kebayang saat kamu mau membuat makalah padahal kamu ndak tahu terkait yang ingin kamu susun.

2. Awali dari permasalahan
Biar memperlancar kamu ketika menggali ide, tentukan diawali dengan menemukan akar problema yang berkaitan dengan tema makalah. Dengan membuat banyak daftar pertanyaan membuat kamu lebih mudah mengembangkan makalah yang makin kompleks

3. Tentukan Batasan
Kadangkala sebab keasyikan mengolah masalah terkait tema meyebabkan kamu tak bisa dalam memilih sampai mana kamu akan membuat makalah. Oleh sebab itu tentukan sejak awal menentukan batasan masalah dengan demikian memudahkan kamu menentukan batasan pembahasan. Dengan ditentukannya batasan masalah juga memudahkan kamu agar fokus ke sesuatu yang sangat urgen, utama, kamu dapat membuat daftar batasan masalah atas dasar skala hal yang lebih penting dengan begitu makalahmu akan senantiasa pada jalan tema yang ditulis.

4. Tulislah kerangka tulisan saat hendak menulis.
Point ini sudah sangat umum, sebab ini telah dipelajari sejak kita duduk di bangku SD. Dengan membuat kerangka dapat memudahkan kamu saat mengembangkan tulisan apa pun jenisnya tak terkecuali menulis makalah, jangan lupa bahwa kerangka tersebut merupakan inti utama tentang makalah yang hendak kamu susun.

5. Tingkatkan Jumlah daftar pustaka.
Ketika banyak daftar pustaka yang kamu pakai semakin baik makalah yang kamu tulis. Sebisa mungkin memperbanyak daftar pustaka yang berkenaan dengan ulasan tema makalah dengan begitu wawasanmu menjadi semakin baik walaupun semua nggak dikutip dalam makalah.

Ada banyak lagi tips menyusun makalah yang ada di web, tulisan di atas adalah opini penulis terkait metode mudah menulis makalah bersumber dari pengetahuan sewaktu menjadi siswa maupun mahasiswa. Pastinya siapa saja yang sempat memiliki pengalaman menulis tentu memiliki metode tersendiri yang pastinya berbeda dan tidak mustahil dapat saja jauh lebih komprensif dari metode yang penulis manfaatkan. Saat ini giliran kamu, tak perlu berhenti untuk terus belajar sebab ilmu yang bermanfaat tentu menjadi amal jariyah untuk siapa saja yang membagikannya.

Info seputar hal umum dan menarik , cek goodtimes.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *