Buat Rekan Alumni, Bacaan Ini Penting Buat Kita yang Sudah Bekerja

Ada nasehat penting dari saudara tertua saat mendapatkan pekerjaan dulu, ini ndak mengira juga obrolan itu malah dapat banyak masukan, tentu ya karena beliau sudah makan asam garam tentang dunia pekerjaan. Tulisan ini saya share buat siapapun, buat alumni juga khususnya buat saya pribadi. Semoga ini bermanfaat!

Siapapun pasti menginginkan ada perubahan ke arah yang baik dalam hidupnya, tak terkecuali dengan karir. Kalo saya saat bosan kadang-kadang iseng browsing tawaran kerja. Tapi jika memang teman-teman sudah tidak betah dengan pekerjaanmu yang sekarang wajar mencari tantangan baru. Berbagai penyebab seseorang ingin meninggalkan pekerjaannya yang lama.

Mulai dari mencari tantangan baru, gaji yang tidak sesuai, beratnya beban kerja, lingkungan pekerjaan yang tidak kondusif, atasan yang tidak bersahabat, dan lain-lain. Semua itu tidak masalah dan sangat lumrah ditemui dalam dunia profesional. Akan tetapi saat teman-teman memutuskan ingin resign, satu hal yang wajibteman-teman lakukan adalah menuliskan surat pengunduran diri atau surat resign. Kenapa? Percaya atau tidak ia sangat berpengaruh terhadap masa depan karirmu teman-teman.

Lalu kaitannya apa? Coba teman-teman pikirkan, saat teman-teman menyusun contoh surat lamaran kerja atau saat membuat contoh cv pasti salah satunya berisi riwayat pekerjaan. Nah biasanya riwayat pekerjaan itu akan ditanyakan oleh Interviewer, terutama “Kenapa resign dari pekerjaan yang lama?” Klo ketahuan ternyata teman-teman resign dengan prosedur yang tidak wajar, siap-siap tidak akan diterima. Karena mereka akan berkesimpulan bahwa kamu tipikal orang yang tidak loyal. Profesional itu bukan hanya tentang bisa “bekerja” tetapi ada aspek lain yang juga tidak kalah penting seperti attitude, etika, sopan santun, integritas, tanggung jawab, komitmen.

Kemampuan “bekerja” itu bisa dilatih dan sudah sangat jelas apa yang dipelajari, berbeda dengan karakter yang tidak ada pelajaran spesifik, ia murni datang dari dalam diri kita sendiri hasil dari kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan. Merubah karakter seseorang itu jauh lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada belajar skill teknis.

Makanya kebiasaan kabur begitu saja dari pekerjaan lama sebaiknya teman-teman hindari, sesulit apapun kondisinya ikutilah prosedurnya karena itu satu-satunya cara yang paling baik dan terhormat bagi seseorang yang akan resign dari pekerjaannya. Jika bingung bagaimana cara menulisnya, jangan bingung, ada banyak contoh surat pengunduran diri tersebar di internet.

Itu sedikit sharenya, semoga bermanfaat ya teman-teman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *